Info & Tips Terbaru

Cari Artikel


6.6.17

16 Makanan penyebab darah tinggi. Hindari Sekarang Juga Jangan Sampai Menyesal..!!


16 Makanan penyebab darah tinggi. Hindari Sekarang Juga Jangan Sampai Menyesal..!! - Hallo sahabat Blog Liputan Kesehatan dimanapun anda berada saat ini. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul "16 Makanan penyebab darah tinggi. Hindari Sekarang Juga Jangan Sampai Menyesal..!!", kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan anda ambil informasi didalamnya. Semoga anda dapat mengambil manfaat dari blog yang bertema tentang Darah Tinggi Hipertensi Kesehatan Kesehatan Keluarga. Semoga dapat dengan mudah anda pahami. Jangan Lupa Bagikan Jika Menurut Anda Bermanfaat untuk banyak orang.

Baiklah, selamat membaca...

Judul : 16 Makanan penyebab darah tinggi. Hindari Sekarang Juga Jangan Sampai Menyesal..!!
Link : 16 Makanan penyebab darah tinggi. Hindari Sekarang Juga Jangan Sampai Menyesal..!!



Makanan Penyebab Darah tinggi


Darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang bisa mengakibatkan komplikasi dan memunculkan penyakit-penyakit lain. Penyakit stroke atau penyakit jantung bisa dipicu oleh adanya penyakit darah tinggi. Terkecuali dua penyakit itu. Darah tinggi dapat juga bisa menjadi penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal. 

Nah, pasti anda tidak mau menanggung derita penyakit darah tinggi yang menyeramkan ini tentunya. Karenanya, anda sudah semestinya mengetahui sebagian info utama tentang beberapa makanan yang bisa jadi penyebabnya darah tinggi. Nanti anda bisa kurangi mengkonsumsi beberapa makanan itu. Makanan Pemicu darah tinggi antara lain : 

Type Makanan Asli 


1. Garam 

Garam serta sodium adalah musuh paling utama kesehatan manusia terutama bila anda menginginkan melindungi diri dari hipertensi atau darah tinggi. Bila tekanan pada darah telah meraih 120 per 80 mmHg yang merupakan batas maksimal keadaan normal, anda tetap harus mewaspadai konsumsi garam. 

Untuk jadi menu keseharian dari sarapan, makan siang ataupun makan malam. Serta harus dilakukan dengan cara yang ketat agar garam tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan anda. terutama dalam pencegahan penyakit darah tinggi. 

Dianjurkan untuk anda baik yang telah pra hipertensi atau yang masih dalam keadaan darah yang normal, untuk hindari mengkonsumsi makanan paket serta beberapa makanan yang di jual direstoran. Selain itu juga, garam dapat membuat tubuh mudah merasa lapar hingga porsi makan bisa bertambah. 

2. Gula 

Gula telah di kenal jadi penyebabnya obesitas dan menjadi makanan pantangan yang utama bagi pasien diabetes. Gula dalam jumlah spesifik memanglah diperlukan untuk badan. tetapi bila dalam jumlah yang terlalu berlebih, pasti akan menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh kita.

Pada kondisi seseorang yang obesitas, umumnya juga diketemukan tekanan pada darah yang tinggi, hingga disebutkan gula begitu erat dengan hipertensi atau penyakit darah tinggi. 

Dianjurkan untuk membatasi jumlah konsumsi gula yang dikonsumsi. Cukup optimal enam sendok teh saja sehari-harinya untuk mengkonsumsi gula ini. 

3. Daging Merah 

Sebagian besar orang baik dewasa maupun anak-anak suka pada olahan yang terbuat dari daging, baik itu dari daging kambing atau daging sapi. Daging merah ini dapat jadi penyebab meningkatnya tekanan pada darah. Sebaiknya Kurangi mengkonsumsi daging merah agak tekanan pada darah tetap normal dan terjaga kesehatannya. 

4. Kulit Ayam 

Kulit ayam yang digoreng garing dengan bumbu atau kulit ayam yang digoreng yang umum dihidangkan di restoran jadi favorite beberapa orang. Tetapi, kulit ayam nyatanya memiliki kandungan banyak lemak/minyak jemu.

Lemak/Minyak jemu ini merupakan salah satu dari penyebab munculnya penyakit hipertensi. Bahkan juga seseorang yang telah didiagnosa positif hipertensi sangat tidak diijinkan untuk konsumsi olahan kulit ayam berbentuk apapun. 

Lemak jemu atau lemak trans yang ada didalam kulit ayam juga kebalikan dari makanan rendah cholesterol. Jumlah cholesterol jahat yang tinggi ini, menjadi faktor pemicu meningkatnya tekanan darah dalam tubuh sehingga menyebabkan terjadinya hipertensi (darah tinggi). Kondisi seperti ini dapat juga menghadap pada penyakit jantung koroner. 

Type Makanan Olahan 


5. Daging atau ayam beku 

Beli daging atau ayam yang telah berbumbu serta dalam kondisi beku benar-benar sangat praktis. Tetapi di balik itu semuanya nyatanya terdapat beberapa bahaya yang mengintai kesehatan anda serta keluarga.

Didalam daging ayam beku olahan yang telah dikemas misalnya, ada sekitaran lebih dari 800 miligram sodium. 


6. Sayur serta Buah-Buahan Kaleng 

Sayur atau buah-buahan memanglah dapat jadi sumber nutrisi yang begitu baik untuk kesehatan, buah dan sayur sebagai penyempurna nutrisi makanan. Hal semacam ini tidak berlaku pada sayur atau buah yang telah didalam kaleng.

Untuk beberapa orang yang mempunyai tingkat aktivitas tinggi buah atau sayur kaleng memanglah dapat jadi alternatif agar lebih mudah mengkonsumsi nya. 

Tetapi, didalam sayur serta buah kalengan ada banyak kandungan bahan pengawet, bumbu dan sodium yang tentunya berbahaya bagi kesehatan.Sebaiknya kurangi bahkan bila perlu hindari mengkonsumsinya. 


7. Mie Instan 

Konsumsi mie instan terus-terusan sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Penyakit ginjal sampai hipertensi dapat muncul dari akibat mengkonsumsi mie instan yang terlalu berlebih. Mie instan serta kuahnya memiliki kandungan bahan pengawet yang banyak, bumbu serta sodium pada mie instan pun bisa menjadi pemicu tekanan darah menjadi tinggi. 

Jadi, Sebaiknya janganlah terus-terusan konsumsi mie instan meskipun dapat bikin kenyang dengan cepat, anda akan terasa lapar lebih cepat. 

8. Makanan Chinese 

Untuk anda yang suka makanan Chinese, Mulai saat ini akan lebih baik mulai kurangi mengonsumsi makanan ini. Saus yang dipakai pada beberapa makanan Chinese diduga memiliki kandungan banyak sodium.

Disebutkan kalau kecap serta saus teriyaki yang tentu kita temui dalam hidangan Chinese, di dalamnya ada lebih dari 1000 miligram sodium dalam satu sendok makan saja. 

Bila memanglah menginginkan tetaplah konsumsi makanan Chinese, bisa memesannya dengan saus dipisahkan dari makanan paling utama. Sehingga lebih mudah mengontrol konsumsi saus ini agar bisa menghidari kadar garam sodium yang tinggi. 


9. Juice Kalengan 

Kandungan gizi tomat memanglah telah tidaklah perlu diragukan lagi untuk kesehatan. Tetapi dijadikan juice tomat kalengan justru bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan karena banyak terkadung sodium di dalamnya.

Satu cangkir saus tomat memiliki kandungan sodium lebih dari 700 miligram. Satu jumlah spageti dengan penambahan daging serta saus tomat bahkan juga dapat memiliki kandungan sodium sekita 3000 miligram. Hal ini dapat berlaku pada product kalengan yang lain, seperti saus cabai,dll. 


10. Pitzza 

Pitzza yaitu bentuk makanan junk food yang banyak disukai orang-orang dari seluruh dunia tidak kecuali orang-orang Indonesia. Adonan pitzza yang dipadukan dengan keju, saus tomat serta daging olahan pasti adalah satu hidangan yang bakal menggugah selera siapa juga.

Tetapi haruslah diwaspadai, kombinasi dari topping seperti keju yang memiliki kandungan banyak lemak jahat, saus tomat atau daging olahan bakal punya pengaruh pada kesehatan terutama dalam kasus pemicu meningkatnya tekanan darah hingga menimbulkan penyakit hipertensi (darah tinggi). 

Supaya anda dapat tetap menikmati pitzza yang sehat serta nikmat, anda dapat coba membuatnya sendiri dirumah. pakai topping keju yang rendah lemak, pakai juga daging rendah lemak dan memperbanyak sayuran di dalamnya. Pizza sehat juga bisa anda nikmati tanpa ada rasa cemas akan munculnya penyakit darah tinggi. 

11. Minuman Kemasan 

Produk minuman kemasan sudah menjadi trend bahkan sekarang ini menjamur beragam product minuman kemasan bukan hanya hadal wadah kaleng, dengan beragam jenis rasa yang di tawarkan.

Bukan rahasia lagi jika product kemasan ini memakai pemanis buatan dan berbagai jenis bahan kimia dan pengawet. Dan tentunya hal itu menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit terutama penyakit darah tinggi. 

Anda dapat tetap dapat menikmati meminum minuman tersebut, hanya saja sangat tidak di anjurkan jika di konsumsi terlalu sering dan terlalu banyak. akan lebih sehat jika anda membuat sendiri minuman sehingga bisa bebas pengawet dan bisa menghindari pemanis buatan dan bahan berbahaya lainnya.  


12. Acar 

Garam kerap dipakai dalam pengawetan satu bahan makanan. Garam menjadi bahan pengawet alami bagi makanan hingga makanan itu dapat tahan kurun waktu yang lama. Walaupun timun dan wortel masuk dalam kategori makanan sehat.

Tetapi ketika sudah di buat menjadi acar menjadi akan menjadi makanan yang justru memiliki bahaya bagi kesehatan. Dalam pembuatan acar timun dan wortel ini direndam dalam air garam, sehingga membuat keduanya memiliki kandungan sodium yang tinggi dan menyebabkan timbulnya penyakit darah tinggi jika sering di konsumsi.


13. Kopi serta Minuman Bersoda 

Kopi mempunyai banyak kandungan cafein yang tinggi. Zat cafein ini adala salah satu dari sekian banyak penyebab terjadinya penyakit darah tinggi. Seperti halnya kopi, minuman yang lain yang juga memiliki banayk kandungan cafein yaitu minuman bersoda.

Jadi bila anda suka mengkonsumsi kopi atau minuman bersoda, mulai sekarang kurangi rutinitas ini karna kandungan dalam keduanya bisa tingkatkan menjadi pemicu tekanan darah menjadi naik. 


14. Alkohol 

Menurut Mayo Clinic, minuman mengandung alkohol bak pedang bermata dua. Ini karna, di satu segi alkohol dalam jumlah yang rendah bisa turunkan tekanan pada darah, tetapi meminum minuman alkohol dengan jumlah yang banyak justru sangat berbahaya dan bisa tingkatkan tekanan pada darah. 

Mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan berat tubuh meningkat sehingga mengakibatkan obesitas. Obesitas ini merupakan satu diantara penyebab paling utama munculnya penyakit darah tinggi. 


15. Makanan Cepat Saji 

Makanan cepat saji atau lebih populer dikenal dengan sebutan ‘fast food’ mengandung banyak lemak jahat. Sehingga makanan ini sangat bisa menyebabkan naiknya tekanan darah. Di negara Anerika banyak warganya yang terkena penyakit darah tinggi dan obesitas lebih sering disebabkan oleh fast food ini.

Lemak trans dalam makanan ini lebih mudah memicu obesitas pada tubuh. Seperti halnya kita ketahui kalau obesitas menjadi jalan adanya hipertensi (penyakit darah tinggi). 


16. Daging Kemasan 

Makanan atau daging yang dikemas telah di proses atau telah di beri bumbu, penyedap serta lain, termasuk pengawet dan sodium. Sodium dengan kadar tinggi mejadi musuh bagi kesehatan, teruama sebagai penyebab terjadinya penyakit darah tinggi.

Satu per dua ons daging olahan yang anda mengkonsumsi waktu makan siang dapat memilik kandungan lebih dari 500 mg sodium. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan

Seandainya anda mengkonsumsi daging kemasan dalam jumlah besar atau sering setiap harinya, Baik itu Kornet, Sosis, Ikan Kaleng, Sarden, dll. Berapakah sodium yang masuk ke pada badan anda? 


Cara Menghindari Makanan Penyebab Darah Tinggi 


Garam serta Sodium. Semuanya makanan yang memiliki kandungan garam terlalu berlebih mesti anda cermati supaya tidak beresiko kritis. Penyakit darah tinggi sudah menjadi masalah kesehatan global di seluruh dunia. Di Amerika, pasien darah tinggi mencapai lebih dari 1/4 penduduknya. Sedang di Indonesia kasus penderita darah tinggi mencapai 30% dari total jumlah penduduknya .

Lebih dari satu milyar orang dari seluruh dunia menderita penyakit hipertensi (darah tinggi). Pada beberapa kasus komplikasi penyakit ini memnjadi momok menakutkan karena mejadi awal munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti gagal ginjal, gagal jantung, stroke hingga kematian.

Untuk itu Waspadai gejalanya dan hindari penyebabnya dari sekarang. Termasuk ada makanan yang anda konsumsi.

Untuk anda yang ingin sehat baiknya melakukan hal berikut ini : 


Jangan biasakan Makan di Luar. Makanan cepat saji mempunyai kandungan garam/sodium yang tentu tinggi yang membuat tensi anda naik dan lebih tinggi. 
Sebaiknya masak sendiri dirumah. Masak sendiri di rumah mempunyai beragam keunggulan untuk kesehatan. 
Aturlah kandungan garam di setiap masakan anda. Baiknya anda mulai mengatur mengkonsumsi garam agar tidak berlebihan. 
Mie Instan. Pastinya beresiko serta jangan sampai sekali-kali mengkonsumsi mie instan bila anda menderita penyakit darah tinggi. 
Hindari atau kurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan serta minuman kemasan.


SEMOGA BERMANFAAT

JANGAN LUPA SHARE..!!




Baca Juga




Demikianlah penjelasan sederhana dari artikel berjudul "16 Makanan penyebab darah tinggi. Hindari Sekarang Juga Jangan Sampai Menyesal..!!"




Sekianlah artikel "16 Makanan penyebab darah tinggi. Hindari Sekarang Juga Jangan Sampai Menyesal..!!" kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Kami berbaharap anda pun bisa membagikan artikel ini dan juga like fanpage facebook kami.

Terima kasih anda telah membaca artikel "16 Makanan penyebab darah tinggi. Hindari Sekarang Juga Jangan Sampai Menyesal..!!" dengan alamat link https://liputankesehatankita.blogspot.com/2017/06/makanan-penyebab-darah-tinggi.html

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa Bagikan yaah...!!
" 1 kali anda share sama dengan membagikan 1000 kebaikan "


Jangan LupaShare Yaa...!!! 😊😊😊
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment