Info & Tips Terbaru

Cari Artikel


6.6.17

Waspada..!! Penyakit Hipertensi Pulmonal Bisa Menyebabkan Kematian


Waspada..!! Penyakit Hipertensi Pulmonal Bisa Menyebabkan Kematian - Hallo sahabat Blog Liputan Kesehatan dimanapun anda berada saat ini. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul "Waspada..!! Penyakit Hipertensi Pulmonal Bisa Menyebabkan Kematian", kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan anda ambil informasi didalamnya. Semoga anda dapat mengambil manfaat dari blog yang bertema tentang Darah Tinggi Hipertensi Kesehatan Kesehatan Keluarga. Semoga dapat dengan mudah anda pahami. Jangan Lupa Bagikan Jika Menurut Anda Bermanfaat untuk banyak orang.

Baiklah, selamat membaca...

Judul : Waspada..!! Penyakit Hipertensi Pulmonal Bisa Menyebabkan Kematian
Link : Waspada..!! Penyakit Hipertensi Pulmonal Bisa Menyebabkan Kematian





Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi) seperti yang sudah sangat dikenal oleh sebagian orang. penyakit Hipertensi ini adalah satu diantara penyakit jantung terbentuk karena adanya tekanan yg tinggi pada aliran/peredaran darah. Akan tetapi tidak sama dengan hipertensi pulmonal di mana penyakit ini sendiri adalah satu masalah yang berlangsung pada pembuluh arteri pada bagian paru-paru. Untuk mengetahui secara lengkap mengenai Hipertensi Pulmanal, mari simak artikel ini. 

Hipertensi pulmonal yaitu satu keadaan di mana adanya masalah pada pembuluh arteri pada bagian paru-paru yang menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan pada aliran darah dalam tubuh.  

Jantung sendiri mempunyai dua segi yakni bagian kanan serta kiri. Di bagian kanan, jantung bakal memompa darah dari ventrikel kanan menuju ke paru-paru untuk memperoleh beberapa oksigen. Lalu darah bakal kembali lewat bagian jantung sebelah kiri serta barulah darah akan di pompa dan dialirkan ke seluruh bagian tubuh. 

Biasanya tekanan yang terjadi pada darah menuju ke paru-paru bisa disebutkan cukup rendah di banding desakan sistolik serta diastolik. Hal semacam ini karena jarak dari jantung menuju ke paru-paru cukup dekat. 

Tetapi, jika arteri pada paru-paru telah berubah menjadi sempit maka proses pemompaan darah tidak optimal dan darah tidak bisa dialirkan seperti keadaan normal. Adanya penyempitan ini bisa menyebabkan darah menumpuk serta menghimpit dinding pembuluh darah. Keadaan seperti inilah yang menyebabkan dan memicu terjadinya hipertensi pulmonal atau hipertensi paru

Jika hal ini tidak segera di atasi, besar kemungkinan keadaan ini bisa menyebabkan melemahnya otot jantung pada bagian kanan atau bahkan juga bisa alami kegagalan manfaat, dengan kata lain akan mengalami yang disebut gagal jantung. 

Tanda-tanda Hipertensi Pulmonal 

Biasanya penderita Hipertensi Pulmonal pada awalnya sering tidak menyadari bahwa dirinya menderita ganguan/penyakit tersebut.Banyak faktor yang membuat penderita tidak mengetahui keberadaannya, dan lebih sering di akibatkan karena kurangnya pengetahuan dan tidak tau tanda dan ciri adanya hipertensi pulmonal dalam tubuh. 

Oleh karena itu kita harus mengetahui tanda dari adanya penyakit hipertensi pulmonal ini. Pada umunya penderita akan mendapati keadaaan seperti berikut ini : 

  • Pusing atau sakit kepala 
  • Sesak napas atau napas putus-putus waktu beraktivitas fisik 
  • Nyeri di bagian dada 
  • Gampang lelah 
  • Tubuh merasa lemas 
  • Ada pembengkakan pada pergelangan atau ruang kaki 
  • Pingsan 
  • Hilangnya nafsu makan 
  • Ada sianosis atau timbulnya warna kebiruan di bagian kulit atau bibir 


Jika anda merasakan tanda-tanda seperti yang sudah dijelaskan, akan lebih baik jika segera memeriksakan diri secara medis agar bisa segera ditangani jika sudah terdiagnosa positif adanya penyakit hipertensi pulmonal.

Penanganan yang terlambat bisa memicu terjadinya komplikasi penyakit yang membuat keadaanya semakin kronis. 


Ada banyak komplikasi yang bisa terjadi akibat dari hipertensi pulmonal ini, diantaranya : 


  • Hemoptysis yaitu keadaan di mana terjadinya batuk darah, hal ini disebabkan adanya perdarahan pada paru-paru. 
  • Ada penggumpalan darah pada pembuluh darah kecil di paru-paru. Keadaan ini bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang sudah alami penyempitan karena hipertensi paru tersebut. 
  • Pembengkakan atau kegagalan manfaat pada jantung (gagal jantung). Keadaan ini bisa disebabkan kerena beban kerja jantung makin besar dan berat. 


Penyebab Hipertensi Pulmonal 


Berdasakan penyebabnya, hipertensi pulmonal dibagi jadi dua, yakni hipeternsi pulmonal idiopatik serta sekunder. Hipertensi pulmonal idiopatik yaitu biasanya penyebabnya tidak di ketahui dengan cara tentu. 

Tetapi hal semacam ini bisa disebabkan dari ada aspek genetik yang berbentuk dari faktor keturunan. Di mana keadaan arteri condong menyempit yang menyebabkan ada tekanan/desakan pada dinding pembuluh darah itu. 

Sedang hipertensi pulmonal sekunder berlangsung akibatnya karena ada keadaan medis lain yang mengakibatkan terjadinya penyempitan atau bahkan juga rusaknya pada dinding pembuluh darah. 

Hipertensi pulmonal atau paru bisa dikarenakan oleh sebagian keadaan, sebagai berikut : 


  • Emboli paru atau ada pembekuan darah pada paru-paru 
  • Cacat jantung bawaan mulai sejak lahir 
  • Adanya penyakit autoimun yang bisa menyerang paru-paru, seperti penyakit rheumatoid arthritis 
  • Adana infeksi HIV 
  • Adanya masalah dan kerusakan fungsi pada jantung bagian kiri seperti adanya kerusakan fungsi pada bilik kiri jantung serta adanya kerusakanfungsi pada katup jantung 
  • Penyakit pada paru-paru, seperti emfisema atau ada obstruksi kritis pada paru-paru, fibrosis pulmonal, serta sleep apnea atau masalah tidur 
  • Konsumsi obat-obatan tertentu 
  • Pada bayi yang baru lahir dapat juga alami keadaan ini karena paru-paru bayi yg tidak berkembang dengan baik atau keadaan yang terkait dengan hipoglikemia, sepsis, dan sindrom masukan mekonium (bayi yang hirup plasenta dan kotorannya). 



Penyebab lainnya yang menjadi pemicu penyakit Hipertensi Pulmonal ini semakin kronis antara lain :


  • Adanya Faktor Genetika dan riewayat kesehatan dalam keluarga, Biasanya dalam keluarga yang salah satu anggotanya keluarganya pernah menderita hepertensi pulmonal akan lebih beresiko dan mudah terkena penyakit ini. 
  • Aspek lingkungan. Seorang yang tinggal di dataran tinggi condong merasakan penyakit ini. 
  • Obesitas atau keunggulan berat tubuh. 
  • Konsumsi obat seperti metamfetamin di ketahui jadi penyebabnya hipertensi pulmonal. 
  • Ada masalah kesehatan lain seperti sindrom Eisenmeger adalah penyakit jantung bawaan yang mengakibatkan ada lubang besar pada ke-2 bilik jantung. 



Langkah Menyembuhkan Hipertensi Pulmonal 


Berdasarkan catatan medis beberapa keadaan tertentu masalah hipertensi pulmonal ini tidak bisa sembuh secara total, melainkan hanya sebagai pengurang rasa sakit dan pencegah agar tidak semakin parah. Biasanya akan di fokuskan pada penanganan dari segi penyebab munculnya penyakit tersebut.

Sebagian pilihan obat yang mungkin saja bakal diresepkan oleh dokter salah satunya, yakni kelompok obat vasodilator (berperan memperlebar pembuluh darah), diuretik, antikoagulan, digoxin, pemberian oksigen murni, sildenafil serta tadalafil. 

Pada kondisi dan keadaan tertentu, proses pengobatan dan penyembuhan penyakit hipertensi pulmonan ini bisa dilakukan pembedahan secara medis Pembedahan ini dilakukan untuk meredakan tekanan/desakan di bagian kanan jantung. 

Dalam kondisi lain pula, pengobatan dan penyembuhan penyakit hipertensi pulmonan ini dengan melakukan transplantasi jantung atau paru-paru. Pada kondisi ini akan di lakukan hal tersebut jika pasien sudah mencapai keadaan hipertensi pulmonal idiopati. 

Tentu saja proses transplantasi ini harus dilakukan secara ekstra hati-hati dan pemeriksaan secara menyeluruh dan detail, Hal ini karena bisa saja muncul keadaan diaman tubuh akan menolak organ barunya itu, Dan justru akan membahayakan pasien.

SEMOGA BERMANFAAT

JANGAN LUPA SHARE YA..!!




Baca Juga




Demikianlah penjelasan sederhana dari artikel berjudul "Waspada..!! Penyakit Hipertensi Pulmonal Bisa Menyebabkan Kematian"




Sekianlah artikel "Waspada..!! Penyakit Hipertensi Pulmonal Bisa Menyebabkan Kematian" kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Kami berbaharap anda pun bisa membagikan artikel ini dan juga like fanpage facebook kami.

Terima kasih anda telah membaca artikel "Waspada..!! Penyakit Hipertensi Pulmonal Bisa Menyebabkan Kematian" dengan alamat link https://liputankesehatankita.blogspot.com/2017/06/Penyakit-Hipertensi-Pulmonal.html

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa Bagikan yaah...!!
" 1 kali anda share sama dengan membagikan 1000 kebaikan "


Jangan LupaShare Yaa...!!! 😊😊😊
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment