Info & Tips Terbaru

Cari Artikel


19.5.17

Hati-Hati....!! 14 Hal Ini Dapat Memicu Meningkatnya Gula Darah Dengan Cepat Hingga Menyebabkan Kematian


Hati-Hati....!! 14 Hal Ini Dapat Memicu Meningkatnya Gula Darah Dengan Cepat Hingga Menyebabkan Kematian - Hallo sahabat Blog Liputan Kesehatan dimanapun anda berada saat ini. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul "Hati-Hati....!! 14 Hal Ini Dapat Memicu Meningkatnya Gula Darah Dengan Cepat Hingga Menyebabkan Kematian", kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan anda ambil informasi didalamnya. Semoga anda dapat mengambil manfaat dari blog yang bertema tentang Kesehatan Kesehatan Keluarga Seputar Diabetes. Semoga dapat dengan mudah anda pahami. Jangan Lupa Bagikan Jika Menurut Anda Bermanfaat untuk banyak orang.

Baiklah, selamat membaca...

Judul : Hati-Hati....!! 14 Hal Ini Dapat Memicu Meningkatnya Gula Darah Dengan Cepat Hingga Menyebabkan Kematian
Link : Hati-Hati....!! 14 Hal Ini Dapat Memicu Meningkatnya Gula Darah Dengan Cepat Hingga Menyebabkan Kematian




PENYEBAB DARI MENINGKATNYA GULA DARAH 


Penyebab naiknya kadar gula dalam tubuh bukan sekedar permen, soda serta kue dan berbagai makanan manis saja yang menjadi pemicunya. Bahkan banyak faktor lain yang dapat memicu terjadinya kenaikan gula darah yang harus di waspadai. 

Tiap-tiap orang sudah sementinya waspada terhadap kandungan dan tingkat gula darah mereka sendiri, karna bila seorang (yang sehat) mempunyai tingkat gula darah tinggi dalam kurun waktu yang lama, bisa mengakibatkan penyakit diabetes dan juga dapat memicu timbulnya penyakit lainnya.

Penyakit diabetes melitus tak dapat sembuh, cuma bisa dikontrol serta dikendalikan. Hal yang perlu dikendalikan yaitu gula darah pada badan, oleh karenanya pasien diabetes melitus mesti hindari beragam hal yang bisa tingkatkan gula darahnya. Tersebut disini hal yang bisa bikin gula darah Anda tak termonitor : 


1. Pemanis buatan 

Beberapa orang yang menderita penyakit diabetes melitus berasumsi kalau aman untuk konsumsi makan atau minuman yg tidak memiliki kandungan gula atau mereka ganti gula mereka dengan gula buatan atau artificial sweeteners yang menurut mereka juga lebih aman bila dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Tetapi nyatanya, pemanis buatan tak seutuhnya aman untuk dikonsumsi. berdasarkan riset yang pada 17 orang yang penderita obesitas, di ketahui kalau kandungan gula darah pada badan mereka bertambah saat konsumsi minuman yang memiliki kandungan gula buatan dibanding dengan saat mereka konsumsi air mineral. 

Sama halnya dengan hasil riset yang dipublikasikan di The Journal Nature pada th. 2014 menyimpulkan bahwa mengkonsumsi minuman dengan gula buatan yang memiliki loabel ‘nol kalori’ pada orang sehat (bukanlah pasien diabetes), bisa mengakibatkan intoleransi glukosa, penambahan kandungan gula darah, serta berisiko alami diabetes mellitus type 2.

Baca Juga :  

Tetapi, sebagian riset lain yg tidak temukan dampak pada mengkonsumsi minuman dengan gula buatan itu. Yang pasti, untuk pasien diabetes lebih disarankan seringkali konsumsi air mineral atau air putih umum dibanding dengan beragam minuman yang mempunyai rasa serta berkalori, meskipun telah memakai gula buatan ‘nol kalori’ 

2. Dehidrasi 

Pada kenyataannya dehidrasi bisa beresiko untuk pasien diabetes melitus. Pada orang normal serta sehat, alami dehidrasi bisa tingkatkan kandungan gula darah pada badan karna aliran darah pada badan kekurangan cairan serta lebih mengental. Pada keadaan ini, gula darah akan bertambah dan tubuh akan lebih sering mengeluarkan urin semakin, Hal inilah yang bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi. 

Pasien diabetes mesti membiasakan diri untuk konsumsi air mineral, bukanlah lagi 8 gelas /hari tetapi meminum air mineral sesuai sama kebutuhannya supaya terdehidrasi dengan baik. Makin tinggi kesibukan fisik yang dikerjakan, jadi makin banyak keperluan air yang diperlukan badan. Bila Anda sulit untuk konsumsi air mineral karna tidak suka rasanya, Anda bisa memberi potongan buah seperti lemon, daun mint, atau stroberi.

Baca Juga :  

Hal semacam ini bakal memberikan rasa fresh dari air mineral. Jauhi minuman yang manis, meskipun mempunyai kalori yang lebih rendah atau tak mempunyai kalori sekalipun. 


3. Konsumsi obat-obatan 

Sebagian obat mempunyai resiko memicu penambahan kandungan gula darah pada badan, seperti obat antidpressan, steroid yang berperan untuk menyembuhkan asma, penyakit autoimmune, dan inflamasi bisa tingkatkan kandungan gula darah dengan cara mencolok. Konsumsi pil KB juga memengaruhi kandungan gula darah, oleh karenanya The American Diabetes Association merekomendasikan untuk konsumsi pil KB gabungan, yakni dengan norgestimate serta estrogen sintetis. Jadi baiknya, bila Anda mempunyai diabetes melitus serta tengah alami penyakit lain juga, tanyakan serta bicarakan hal itu pada dokter, untuk menghindar komplikasi selanjutnya. 

4. Fenomena fajar 

Kebanyakan orang alami fenomena fajar. Fenomena fajar atau dawn phenomenon adalah keadaan dimana badan alami penambahan beberapa hormon yang bisa tingkatkan gula darah dengan cara mencolok. 

Peristiwa ini umum berlangsung pada jam 2 sampai 8 pagi, dimana badan keluarkan hormon seperti hormon perkembangan, kortisol, glukagon, serta epineprin, yang bisa tingkatkan resistensi insulin hingga gula darah naik. 

Pada orang yang alami diabetes, insulin yang telah ada terlebih dulu tak bekerja dengan baik, lalu berlangsung fenomena fajar yang bikin kerja insulin makin terhalang. Perihal ini pula yang bisa mengakibatkan penambahan gula darah begitu tinggi. Oleh karna pasien diabetes dianjurkan tidak untuk konsumsi makan malam sangat larut serta beraktivitas fisik sesudah makan malam.

Baca Juga :  


5. Menstruasi 

Pergantian hormon pada saat menstruasi nyatanya memengaruhi kandungan gula darah. Kandungan hormon yg tidak stabil pada perempuan yang tengah masuk saat menstruasi, bisa turunkan sensitivitas insulin yang mengakibatkan kandungan gula darah naik untuk beberapa perempuan. Umumnya hal semacam ini berlangsung satu minggu sebelumnya menstruasi berlangsung. 


6. Kurang tidur 

Riset yang diterbitkan di The Journal Diabetes Care membatasi tidur pasien diabetes melitus type satu cuma 4 jam dalam semalam, serta akhirnya di ketahui kalau sensitivitas insulin mereka alami penurunan 14% sampai 21%.

Kurang tidur bakal tingkatkan stress pada badan serta menyebabkan pada kandungan gula darah naik. The National Sleep Foundation (NSF) menyebutkan kalau saat tidur berlangsung penurunan hormon kortisol serta kesibukan system saraf yang bisa melindungi regulasi kandungan gula darah pada badan. 


7. Suhu ekstrem 

Pasien diabetes melitus begitu rawan pada pergantian suhu lingkungan. Suhu lingkungan yang berlebihan bisa mengganggu regulasi dari kandungan gula darah. Misalnya, pada suhu berlingkungan panas. Pada orang yang sehat, rasa panas itu bakal di keluarkan lewat keringat untuk melindungi suhu badan tetaplah normal.

Sedang pasien diabetes alami kesusahan dalam menghasilkan keringat hingga suhu badannya tak normal. Terkecuali bisa tingkatkan kandungan gula darah, hal semacam ini bakal mengakibatkan beragam komplikasi pada badan.

Baca Juga :  

8. Konsumsi kafein 

Meskipun Anda mengakui tak memakai gula sekalipun pada kopi serta teh yang senantiasa Anda minum tiap-tiap pagi, hal semacam ini tetaplah saja bakal memengaruhi gula darah Anda. Riset yang dikerjakan oleh A Duke University pada th. 2008 temukan kalau pasien diabetes melitus type 2 yang mempunyai rutinitas konsumsi kopi atau teh yang memiliki kandungan 500 mg cafein, bisa tingkatkan 7, 5% kandungan gula darah. 


9. Kondisi tubuh sedang sakit 

Saat Anda alami sakit atau ada infeksi pada badan, jadi badan bakal membuahkan hormon serta tingkatkan system kekebalan untuk melawan kuman serta bakteri itu. Hal semacam ini sudah pasti lumrah berlangsung, dan kondisi seperti ini memici meningkatnya kandungan gula darah.

10. Melupakan sarapan 

Sarapan utama dikerjakan untuk kebanyakan orang, bukan sekedar untuk pasien diabetes saja. The Journal Diabetes Care menyebutkan kalau waktu pasien diabetes melitus type 2 melupakan sarapan, jadi sel beta pankreas yang berperan untuk membuahkan insulin bekerja tak optimal, hingga mengakibatkan gula darah naik.

Dalam sebagian masalah,14 hal ini menjadi tanda-tanda adanya terjadinya kandungan gula darah tinggi sebagai berikut :
  • Mulut kering 
  • haus meningkat 
  • Permasalahan perut 
  • Ketidakmampuan 
  • Lambat pengobatan luka serta luka 
  • Senantiasa lapar 
  • kulit kering serta gatal 
  • Kerap buang air kecil serta buang air kecil saat malam hari 
  • kesusahan berkonsentrasi 
  • permasalahan saraf 
  • Pandangan kabur 
  • infeksi berulang 
  • lemak gain perut/berat tubuh berlebih 
  • kelelahan harian atau kelelahan ekstrim 


Pola makan masih menjadi pemicu utama meningkatnya kadar gula dalam darah, Indeks glikemik, atau GI, mengukur seberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang di konsumsi sebanding dengan naiknyakadar dan kandungan glukosa dalam darah. 

SEMOGA BERMANFAAT








Baca Juga




Demikianlah penjelasan sederhana dari artikel berjudul "Hati-Hati....!! 14 Hal Ini Dapat Memicu Meningkatnya Gula Darah Dengan Cepat Hingga Menyebabkan Kematian"




Sekianlah artikel "Hati-Hati....!! 14 Hal Ini Dapat Memicu Meningkatnya Gula Darah Dengan Cepat Hingga Menyebabkan Kematian" kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Kami berbaharap anda pun bisa membagikan artikel ini dan juga like fanpage facebook kami.

Terima kasih anda telah membaca artikel "Hati-Hati....!! 14 Hal Ini Dapat Memicu Meningkatnya Gula Darah Dengan Cepat Hingga Menyebabkan Kematian" dengan alamat link https://liputankesehatankita.blogspot.com/2017/05/14-Penyebab-Pemicu-Diabetes.html

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa Bagikan yaah...!!
" 1 kali anda share sama dengan membagikan 1000 kebaikan "


Jangan LupaShare Yaa...!!! 😊😊😊
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment